Kamis, 23 Juni 2016

Cara Bermain Drum Untuk Pemula



       Apakah Anda ingin belajar bagaimana cara bermain drum tetapi tidak cukup yakin di mana untuk memulai ? Anda mungkin bertanya pada diri sendiri dengan beberapa pertanyaan seperti ,"Apa peralatan yang saya butuhkan? " Bagaimana saya bisa belajar untuk bermain dengan sebuah band ? "Seperti kebanyakan tantangan dalam hidup, langkah pertama seringkali yang paling menantang.Yakinlah , setiap orang harus memulai dari suatu tempat. Males baca? anda bisa download video di link akhir blog.


 -   Cara Memegang Stick Drum
Matched Grip
Ada 2 cara untuk memegang stick dengan matched grip yaitu :
-       Tangan tertutup atau closed hand dimana pukulan sangat mengandalkan lengan dan pergelangan tangan sehingga pukulan juga kaku dan mngakibatkan tangan menjadi lebih cepat lelah
-       Tangan terbuka atau open hand, dimana ibu jari dan telunjuk yang digunakan untuk menjepit stick, sedangkan ketiga jari lainnya berfungsi untuk mendorong stick. Ketika stick yang didorong menyentuh drumhead, maka secara otomatis stick akan memantul kembali, gunakan pantulan itu untuk membuat pukulan berikutnya. Lakukan secara berulang-ulang.
http://carabermainmusik1.blogspot.co.id

Traditional Grip
Perbedaannya pada tangan kiri, dimana stick dijepit pada ibu jari dan ditaruh diantara jari tengah dan jari manis. Ibu jari yang berperan untuk mendorong stick drum. Sedangkan untuk tangan kanan cara pemegangannya tidak ada perbedaan, traditional grip memang lebih sulit untuk dilakukan daripada matched grip karena untuk mengontrol tangan kiri lebih susah.


-    Belajar Ketukan Drum
Dasar-dasar cara bermain drum untuk ketukan drum yaitu:

-       1) 1/4
Pertama yaitu dengan memukul snare drum sebanyak 2 kali,dengan menggunakan tangan kanan dan kiri.
Tangan kanan kita saat memukul snare drum bersamaan dengan menginjakan bass drum dan tangan kiri kita saat memukul snare drum juga bersamaan dengan bass drum.
Pukulan kita harus mempunyai tempo dengan hitungan detik jam. Gunanya atau fungsinya atau manfaatnya adalah pengaturan dalam tempo permainan drum tersebut.

-       2)1/8
Kedua yaitu sama dengan ketukan 1/4, tetapi berbeda tempo pukulan.
Saat kita memukul snare drum dengan tangan kanan kita bersamaan dengan menginjak bass drum, setelah itu tangan kiri kita memukul snare drum tetapi tidak bersamaan dengan bass drum dan ingat juga tempo pada bass sesuai detik jam. jangan lupa, dont forget, remember that.

-       3)1/16
Ketiga adalah dengan memukul sebanyak 4 kali pukulan dengan 1kali bass. Tangan kiri dan kanan kita bergantian memukul snare drum, ketukan bass sesuai tempo. nah mulai bingungkan, pada intinya pelajari step by step ketukan dalam 1/4 sama 1/8 nya gunanya biar kita terbiasa mengontrol ketukan tanpa kita mengontrolnya.

-       4) 1/32
Keempat,kecepatan tangan dalam tempo bass harus di perhatikan. Kita memukulnya sebanyak 8 kali dan bass 1 kali, caranya sama dengan ketukan 1/16 cuma pukulan kita ke snare drum sebanyak 8 kali. ketukan ini biasanya lebih berskill karena untuk musik-musik bertempo cepat. Tetapi dengan tekun, sabar, dan penasaran terus agar mencari tau lebih banyak tentang cara bermain drum,tidak ada yang tidak mungkin untuk bisa menguasainya.


1 komentar: